Ada Keretakan di Opal Tower Sydney, 3.000 Orang Dievakuasi - detikcoy

Iklan Semua Halaman

Ada Keretakan di Opal Tower Sydney, 3.000 Orang Dievakuasi

rullynovriyandi
Kamis, 27 Desember 2018
Evakuasi di warga di sekitar Opal Tower, Sydney, Australia yang terdapat keretakan pada bangunannya. (AFP)

Sydney - Ratusan orang telah diberitahu untuk bergegas meninggalkan blok sebuah apartemen di Sydney untuk kedua kalinya. Langkah itu dilakukan setelah muncul retakan di dinding pada Senin 24 Desember 2018.

Banyak orang di Opal Tower berlantai 38 kembali keluar gedung setelah alarm pertama kali menyala ketika suara keras terdengar dan ditemukan celah.

BBC yang dikutip pada Kamis (27/12/2018) melaporkan, perusahaan yang membangun Opal Tower, Icon, mengatakan bangunan itu masih pada struktunya dan upaya relokasi hanyalah tindakan pencegahan. Langkah tersebut dilakukan guna memungkinkan para insinyur dan penyelidik untuk bekerja sepanjang waktu.

Menurut Icon, sejauh ini tak ada warga sekitar yang berada dalam bahaya. Hanya saja upaya sterilisasi di sebuah tower Sydney itu dilakukan agar perbaikan bisa dilakukan secepat mungkin tanpa gangguan lebih lanjut untuk penduduk.

Pihak berwenang sebelumnya mengatakan 51 dari 392 unit di Opal Tower terkena dampak. Sementara gedung yang baru selesai dibangun di Sydney Olympic Park dinyatakan aman bagi mayoritas penduduk untuk kembali dihuni.

"Sebanyak 3.000 orang diungsikan pada Senin 24 Desember, setelah dinding pendukung internal di lantai 10 gedung mengalami masalah", menurut polisi.

Icon mengkonfirmasi bahwa panel beton cetakan retak di Opal Tower Sydney.

Sebuah tim insinyur dari Icon dan pengembang gedung, Ecove telah menganalisis gedung yang baru selesai awal tahun ini.

Pada Rabu 26 Desember, pemerintah New South Wales mengatakan pihaknya juga sedang menyelidiki integritas struktural gedung dan menara-menara perumahan di sekitarnya.

Outlet berita lokal telah menerbitkan foto-foto kerusakan bangunan, menunjukkan plester longgar dan dinding runtuh. Namun, pengembang bangunan di Sydney itu, Ecove, mengklaim telah mempertahankan "kualitas tinggi" gedung itu, yang katanya menggunakan standar di atas industri.

Icon mengatakan warga mungkin harus tinggal di luar rumah hingga 10 hari. Semua akomodasi akan disediakan oleh perusahaan pembangun.